SELAMAT DATANG DI ESDEWELDA SITUS SEDERHANA SD NEGERI 2 WELAHAN JEPARA TELP.(0291)4256437

Minggu, 02 Januari 2011

MARI KITA SANTUNI ANAK YATIM

ANAK YATIM adalah anak yang ditinggalkan mati ayahnya selagi ia belum mencapai umur balig Dalam Islam, anak yatim memiliki kedudukan tersendiri. Mereka mendapat perhatian khusus dari Rasulullah saw. Ini tiada lain demi untuk menjaga kelangsungan hidupnya agar jangan sampai telantar hingga menjadi orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, banyak sekali hadits yang menyatakan betapa mulianya orang yang mau memelihara anak yatim atau menyantuninya. Sayang, anjuran Beliau itu sampai kini belum begitu mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat. Hanya sebagian kecil saja umat Islam yang mau memperhatikan anjuran itu. Hal ini semestinya tidak layak dilakukan umat Islam yang inti ajarannya banyak menganjurkan saling tolong sesama umat Islam dan bahkan selain umat Islam.

Di Indonesia, khususnya di desa-desa, sampai sekarang kebiasaan memberi uang ala kadarnya pada tanggal 10 Muharam kepada anak yatim masih berlaku. Pada setiap tanggal 10 Muharam, anak-anak yatim bergerombol-gerombol mendatangi rumah-rumah orang kaya atau para dermawan. Di situ mereka memperoleh pembagian uang. Kebiasaan demikian sungguh amat terpuji, tetapi apakah para anak yatim hanya butuh bantuan sekali itu?

Seperti halnya yang telah dilaksanakan  di SD Negeri 2 Welahan , yang telah bertahun-tahun melakukan  kegitan santunan anak yatim. Pada tahun ini 1431 Hijjriyah / 2010 Masehi, di SD kami memberikan santunan kepada 13 anak yatim , yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 4 anak perempuan.

Semoga kegiatan menyantuni anak yatim seperti ini dapat berlangsung terus menerus pada tahun yang akan datang . Amiinn..........amiinn...............amiinn............Ya Robbal 'Alamiin.