SELAMAT DATANG DI ESDEWELDA SITUS SEDERHANA SD NEGERI 2 WELAHAN JEPARA TELP.(0291)4256437

Jumat, 24 Desember 2010

Proposal PTK



UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V
SD NEGERI 2 WELAHAN KECAMATAN WELAHAN
DALAM PENGERJAAN HITUNG PEMBAGIAN PECAHAN
MELALUI PENERAPAN METODE PENUGASAN



2.      MASALAH YANG DIHADAPI

Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berfikir logis, analisis, sistematis, teoritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar siswa dapat memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Namun untuk dapat memberikan kompetensi tersebut kepada siswa khusus dalam menjalankan peran sebagai pengajar, penulis sebagai guru kelas V sering menemui kendala dalam menyampaikan materi pelajaran matematika khususnya tentang pembagian pecahan.
Pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 2 Welahan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara dengan kompentensi melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan, khususnya tentang pembagian pecahan hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah. Pada tahun 2010 / 2011 dari 50 siswa yang telah mencapai ketuntasan penguasaan materi hanya 12 siswa atau sekitar 22,7 %, sisanya 38 siswa atau sekitar 77,3 % belum mencapai ketuntasan penguasaan materi. Nilai rata-rata kelas hanya 53,46 masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 60.


3.      PEMECAHAN MASALAH

            Berdasarkan permasalahan yang berhasil diidentifikasi dan latar belakang yang menyebabkannya maka masalah penelitian ini dapat penulis rumuskan sebagai berikut : “Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas V di SD Negeri 2 Welahan Kecamatan Welahan dalam pengerjaan hitung pembagian pecahan melalui penerapan metode penugasan ?”

4.      HASIL YANG DIHARAPKAN DARI PTK

Dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :  siswa , guru , sekolah dan pembaca.

  1).   Bagi Guru :
a.   Membantu guru untuk memperbaiki pembelajaran yang telah dilaksanakan    
b.  Guru dapat berkembang secara profesional 
c.  Meningkatkan rasa percaya diri guru.
d.  Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif dalam mengembangkan  
 pengetahuan dan keterampilan sendiri.
  
 2).   Bagi Siswa :
                    a.  Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
                    b.  Siswa akan berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran.
                    c.  Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran akan meningkat.

3).  Bagi Sekolah
Dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan sekolah dan   memperbaiki citra sekolah di            masyarakat sehingga  mampu memajukan pendidikan masyarakat di sekitar lingkungan sekolah    

4).   Bagi Pembaca
Sebagai bahan referensi dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran matematika.

5.      PROSEDUR PENELITIAN YANG DILAKUKAN

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan  di SD Negeri 2 Welahan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2010 / 2011 yang beralamat di Desa Welahan. Sedangkan subyek penelitian ini adalah siswa kelas V semester 2 yang terdiri dari 50 siswa dengan jenis kelamin 31 laki-laki dan 19 perempuan.

Adapun waktu penelitian direncanakan  selama 3 bulan : Januari , Februari dan Maret  tahun 2011. Dalam melakukan penelitian , Peneliti dibantu oleh 2 orang teman sejawat yaitu Saudari Sri Wiratmi dan Saudari Setyani Pertiwi.

Prosedur penelitian ini meliputi :

a)      Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran ,latihan soal, pembahasan latihan soal, tugas pekerjaan rumah, pembahasan PR, ulangan harian.

b)      Tindakan
Yang mencakup :
                                   i.         Siklus I,   meliputi : pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
                                 ii.         Siklus II,  meliputi : pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
                               iii.    Siklus III, meliputi : sama dengan siklus I dan II

c)      Refleksi , yaitu membahas antara siklus-siklus tersebut untuk dapat menentukan   kesimpulan    atau hasil akhir penelitian.